Seri-21, Mendengarkan untuk Melayani
Basa basi perlu. Tapi seperlunya saja. Jangan melebihi porsi sehingga mengaburkan tujuan mendengarkan. Basa-basi pendengar adalah menanggapi dengan pernyataan atau pertanyaan yang memancing pembicaraan yang menjauhkan tujuan.
Maksud Penelepon
Sebagai pendengar melalui panggilan telepon atau video, perlu kita tanyakan segera maksud mengapa seseorang menelpon kita. Ini agar pembicaraan terarah. Semakin dini diketahui semakin baik.
Penelpon yang baik akan menyatakannya. Jika tidak, pendengar yang baik kita dapat segera menanyakannya.
Hindari Basa Basi
Hindari basa basi berlebihan. Bertanya kabar, anak, istri, pekerjaan, bahkan hewan peliharaan. Langsung ke inti pembicaraan setelah bicara pembukaan atau merespons seperlunya.
Jangan Menyela
Tidak di telepon, dan juga tidak di pembicaraan tatap muka. Menyela pembicaraan harus dihindari. Mengacaukan pikiran lawan bicara. Juga bentuk ketidaksopanan.
Pembicaraan atas lebih lama. Karena lawan bicara akan berpikir ulang. Dan menjelaskan ulang.
Biarkan selesaikan lawan berbicara. Baru kita tanggapi dengan singkat dan padat. Bergantian. Bukan menyela, atau saling potong.
(WS)