Posted on Leave a comment

Kesan Profesional

Seri ke-10, Serial Menang Jualan di Sektor Pertanian

Kartu Nama

Penjual WAJIB paham pengetahuan produk (product knowledge) yang dijual. Termasuk, segmen dan target untuk masing-masing produknya. Karena ini juga berkaitan dengan penampilan.

Kita bisa bayangkan, jika hendak mendatangi perusahaan perkebunan, untuk menjual produk sarana pertanian apapun, tentu penampilan kita berbeda dengan jika kita hendak ke kios atau ke petani. Segmentasi pelanggan membuat kita mudah menyesuaiakan penampilan dan pakaian kita.

Misalkan, ada petani besar hendak mencari informasi tentang asuransi pertanian, yang berbasis syariah. Penjual asuransi pertanian syariah yang datang, adalah wanita dengan pakaian terbuka dan menggoda, apakah petani ini akan yakin bahwa ia didatangi orang yang tepat?

Kita hendaknya berpakaian yang sesuai, rapi dan nyaman. Terkesan profesional tapi tetap nyaman.

Kuatkan Kesan Profesional

Kita hendaknya memiliki kartu nama yang berbentuk cetak. Kartu nama klasik. Meskipun saat ini sudah begitu digital. Kartu nama masih diperlukan saat kita pertama kali bertemu, sebagai tanda pengenal. Selembar kartu nama cukup efektif untuk membuka hubungan ke depan. Termasuk sebagai pengenal jika kita memberi mereka hadiah, sebagai kejutan untuk pelanggan.

Banyak toko pertanian, yang menempel kartu nama penjual di meja kerjanya. Meja kerja diberi kaca dan koleksi kartu nama para penjual diletakkan di bawah kaca. Pastikan kartu nama kita ada di situ.

Membuat kartu nama sangat mudah. Dan murah.  Seingat saya, satu kotak berjumlah 50 kartu kartu nama hanya Rp 25.000, -. Buatlah desain yang menarik. Cobalah cari di internet, banyak sekali.

Tidak ada salahnya kita membuat kontak atau kartu nama kita sendiri di gawai atau smartphone kita. Informasi yang sama lengkapnya dengan yang ada di kartu nama. Nama lengkap, jabatan, alamat kantor atau rumah jika kita tidak memiliki kantor, nomor telp, surel (e-mail), informasi lainnya. Jika bertukar nomor kita bisa kirim kontak kita sendiri. Pastikan kita simpan nomor kontak pelanggan kita.

Aspek yang telah kita bahas terkait penampilan ini terkesan sepele dan mudah. Tapi ini penting bagi Penjual. Jadikan penampilan ini sebagai kesan Positif tak terlupakan bagi pelanggan kita.

Kesan pertama begitu melekat, selanjutnya kita bisa melangkah lebih untuk semakin dekat.

(Wiyanto Sudarsono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *