Posted on Leave a comment

Phonska Plus: Pancawarsa Menapak Masa

Seri Kedua PHONSKA Plus

Formula

PG harus memiliki produk andalan di pasar retail. Demikian semangatnya. Paling tidak, itu yang sampai kepada kami. Asa yang disiram bensin oleh para GM Pemasaran kalau itu.

Formulanya 15-15-15 Plus. Plusnya sesuai berbagai kajian adalah Zn. Jumlahnya 2000 ppm. Dan memunculkan S di kemasan setelah sengaja “dihapuskan” untuk formula saudara tua: Phonska bersubsidi.

Sesuai keinginan pasar?!  Setahun saya TIDAK. Hasil riset pasarnya pelanggan menginginkan formula 16-16-16, warnanya biru. Sebagaimana market leader –dari sisi brand awareness– waktu itu.

Pengalaman PG (Produksi dan Penjualan), PG tidak bisa memproduksi 16-16-16 secara kimiawi (reaksi, liquid based). Bisanya dengan pabrik granulasi.

Namun, jika diproduksi dengan pabrik granulasi sudah dapat dipastikan kualitasnya jelek. Terutama dari sisi fisik, dan tampilan produk. Kalah cantik dengan tampilan pesaing. Kalah cantik dengan pemimpin pasar.

Karena itu, produksi harus di pabrik PHONSKA. Kualitasnya harus sama dengan ekspor. Dengan terpaksa formulanya cukup di 15-15-15+9S+Zn 2000 ppm.

Warna Pupuk

Berikutnya adalah warna Produk. Diskusi soal itu (termasuk Niphos dan Ningrat, saya lupa jenama waktu itu), saya menggelitik dengan pertanyaan: “kita mau jadi follower atau new winner/penantang?“.

Jika mau jadi penantang, tidak masalah beda warna. Jika mau follower maka samakan warnanya. Jadi follower bukanlah suatu kehinaan. Hanya sebuah pilihan. Dan diputuskan kita akan menjadi new winner. Bahkan ambisinya menjadi market leader dan dominan player, jadilah warna pupuk harapan itu: PUTIH.

Jenama (brand)-nya PHONSKA Plus. Saya tidak tahu apakah waktu itu kita sudah berteori mengenai Umbrella Brand atau belum. Payung (umbrella) brand PG adalah PETRO-, PHONSKA-, dan Kebomas.

Di suatu forum di 2016, saya menyakan PHONSKA Plus ini keharusan ataukah masih bisa didiskusikan. Jika ada ruang diskusi maka saya menilai: “brand ini terkesan murahan, dan seperti pupuk abal-abal”.

Jika keharusan, maka sebagai tim penjualan kami siap menjual dan mengusung jenama tersebut (PHONSKA Plus). Keputusannya adalah: keharusan.

Maka jadilah pupuk andalan PG di pasar retail adalah PHONSKA Plus, diproduksi di pabrik PHONSKA reaksi, berwarna putih, dengan kemasan merah –mengingatkan pada kemasan PHONSKA lama–.

Bersambung….

(Wiyanto Sudarsono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *