Posted on Leave a comment

Ramadan, Bukan Puasa Layanan

Seri Sela, Memberi Layanan

Ada sebuah istilah dalam pemasaran yang saya sangat suka: seasonal marketing. Pemasaran Musiman. Sebuah strategi bagi brand (jenama) dan perusahaan untuk mendapat hasil -penjualan, profit dan target- lebih tinggi di musim dan waktu tertentu.

Ramadan dan Idul Fitri, misalnya. Momen terbesar umat Islam di Indonesia. Semua sepakat merayakannya. Banyak momen-momen yang bisa dimanfaatkan.

Diskon spesial, bundling khusus, meluncurkan produk baru dan khusus. Bahkan bagi produk yang sama sekali tidak terkait dengan Ramadan, mampu memanfaatkan musim itu untuk mengungkit penjualan. Rugi jika tidak mampu memanfaatkannya.

Tidak hanya di penjualan. Bidang layanan pun turut meramaikan. Beberapa jenama memberikan layanan khusus untuk momen spesial itu. Seperti yang dilakukan operator taksi terbesar di Indonesia ini. Memberikan takjil -makanan pembuka- bagi pelanggannya yang berpuasa. Meski tidak perlu ditanya: Anda puasa? Sebelum memberikannya. Lebih baik memberi layanan ini kepada semua pelanggan. Daripada ada pelanggan membutuhkan tapi tak mendapatkan.

Ramadan, bukan berarti puasa layanan. Bahkan geliat layanan makin meningkat tajam. Selain memberikan perhatian kepada pelanggan, membagi takjil juga berbuat baik bagi orang yang sedang beribadah. Semoga berbuah berkah.

(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *