Kita sering melihat tulisan seperti itu. Di tempat parkir. Pusat perbelanjaan. Mini market. Bahkan di bengkel.
“Bawalah masuk barang berharga Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang di dalam kendaraan Anda”. Lengkapnya demikian. Seingat saya. Atau “Kunci ganda motor Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan kendaraan Anda.” Atau yang senada dengan itu.
Gambar imbauan di salah satu bengkel. (foto : istimewa)
Makna kalimat tersebut tidak salah. Bahkan benar. Secara makna. Bahwa segala bentuk kehilangan dan kerusakan barang atau kendaraan, menjadi tanggung jawab pemilik. Bukan pengelola tempat. Atau tukang parkir. Terutama di tempat umum. Yang sudah diperingatkan oleh pengelola tempat. Atau pengelola parkir.
Tapi dari sisi rasa, kalimat tersebut agak bermasalah. Menurut saya. Terutama dari aspek pelayanan. Dan keramahan terhadap pelanggan. Atau saya yang terlalu sensitif. Mungkin.
Kalimat tersebut seolah ada ketidakpedulian. Dan tidak mau terlibat dengan masalah. Dan seolah tidak mau melindungi pelanggan. Lagi, menurut saya.
Saya menilai, lebih baik kalimat tersebut diubah. Lebih halus. Lebih ramah. Misalnya, “Area ini telah dipasang CCTV. Tetap gunakan kunci ganda kendaraan Anda”. Itu saja sebenarnya sudah cukup. Atau jika mau yang lebih dekat dengan makna yang biasanya dituliskan. “Kami berusaha menjaga keamanan area ini. Tetap bawa masuk helm Anda. Kehilangan helm menjadi tanggung jawab pribadi Anda”. Agak panjang. Tapi bagi saya menunjukan perlindungan dan keramahan kepada pelanggan. Tidak terkesan, cuek. Atau enggan dengan permasalahan pelanggan. Semoga kita termasuk orang yang peduli dan ramah kepada pelanggan kita.
Meski harga sepeda motor umumnya lebih mahal dari Helm. Tapi pastikan helmnya saja yang dibawa masuk. Sepeda motornya cukup dikunci. Di tempat parkir. Kunci ganda kalau perlu. Sepeda motornya jangan dibawa masuk. Apalagi masuknya harus menggunakan lift.
(Wiyanto Sudarsono)