Seri ke-10, Serial Catatan Seorang Penjual
Setelah kita berhasil melakukan kontak dengan pelanggan, bisa telepon, SMS, WA, DM, atau pertemuan langsung, itu adalah keberhasilan.
Lebih lagi jika sudah berhasil presentasi. Menjelaskan tujuan dan produk kita. Sebuah kemajuan. Namun, tentunya respon dari calon pelanggan tidak selalu baik.
Ada empat tipe respon dari pelanggan atau pengambil keputusan di perusahaan calon pelanggan :
Tipe yang pertama adalah Tipe Growth atau bertumbuh. Sering di simbolkan dengan warna biru.
Penawaran dan produk kita bukan merupakan hal yang ditunggu pelanggan. Tapi, produk kita bisa membuat capaian pelanggan menjadi lebih baik. Meski saat ini pelanggan sedang tidak ada masalah.
Kita memiliki peluang bagus untuk mendapatkan komitmen pembelian dari pelanggan.
Pastikan bahwa penawaran kita memberikan nilai tambah bagi kondisi pelanggan.
Kisah
Seorang penjual baru-baru ini mengontak pelanggan lamanya. Pelanggannya sudah mapan. Bisnisnya sudah oke.
Penjual ini menawarkan produk yang jenisnya sama dengan yang biasa ia ambil dari pemasok lain.
Penjual ini bilang, “Bang, boleh lho Bang kalau barang yang 10 ton ini di turunkan di 3 atau 4 titik berbeda. Nggak harus semua turun di gudang Abang”.
“Yah, kan kena ongkos lagi”.
“Nggak selama masih di sekeliling desa Abang. Kalau ke desa agak jauh baru kena, lagian sambil balik ini mobil.”
“Bagus sekali itu. Kenapa nggak dari dulu gini”. Kata pelanggan.
“nggak boleh bilang gitu Bang, qadarullah“. Jawab Penjual itu.
“ntar kalau sudah ada space, masukin deh berapa kamu mau, cash“. Tutup pelanggan.
Penawaran Sang Penjual, memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Pelanggan tadi tidak ada masalah, tapi ia mendapatkan peluang untuk menjadi lebih baik.
(Wiyanto Sudarsono)